Laman

Kamis, 02 April 2009

Tujuan dan Manfaat Membaca Cepat

Berkaitan dengan membaca cepat, ada beberapa tujuan dan manfaat yang bisa Anda peroleh.
  1. Mengenali topik bacaan. Jika Anda pergi ke toko buku atau perpustakaan, Anda ingin mengetahui apa yang dibahas dalam buku yang Anda pilih. Untuk keperluan tersebut, Anda melakukan membaca cepat beberapa menit (browsing) untuk melihat bahan yang dibaca. Sekedar untuk mengetahui isi bacaan. Hal ini juga dapat dilakukan ketika akan memilih artikel di majalah dan surat kabar (kliiping).
  2. Mengetahui pendapat orang lain (opini). Di sini Anda sudah mengetahui topik yang dibahas, selanjutnya Anda ingin mengetahui pendapat penulis itu terhadap masalah yang dibahas. Untuk itu, Anda tinggal membaca tulisan yang ada di tajuk surat kabar tersebut. Anda cukup membaca paragraf pertama atau akhir yang biasanya memuat simpulan yang dibuat oleh penulisnya (redaksi).
  3. Mendapatkan bagian penting yang diperlukan. Anda perlu melihat semua bahan bacaan itu untuk melihat ide yang bagus, tetapi tidak perlu membaca setiap kata, kalimat, bahkan alinea secara lengkap.
  4. Mengetahui organisasi penulisan. Dengan teknik membaca cepat maka Anda dapat segera mengetahui urutan ide pokok dan cara semua materi disusun dalam kesatuan pikiran, serta mencari hubungan antarbagian dalam bacaan itu.
  5. Melakukan penyegaran atas apa yang pernah dibaca. Misalnya dalam mempersiapkan ujian atau sebelum menyampaikan pidato/ceramah.

Albert dalam Harras (1997) mengemukakan tujuan utama dalam membaca cepat.

  1. Memperoleh kesan umum dari suatu buku, artikel, atau tulisan singkat.
  2. Menemukan hal tertentu dari suatu bahan bacaan.
  3. Menemukan/menempatkan bahan yang diperlukan dalam perpustakaan.

Manfaat membaca cepat sebagai berikut:

  1. Untuk mencari informasi yang kita perlukan dari sebuah bacaan secara cepat dan efektif.
  2. Dalam waktu yang singkat dapat menelusuri bahan halaman buku atau bacaan.
  3. Tidak banyak waktu yang terbuang karena tidak perlu memperhatikan atau membaca bagian yang tidak kita perlukan.

1 komentar:

Bagaimana menurut Anda tampilan dan isi blog ini...?