Laman

Senin, 16 Februari 2009

KONSEPSI MEMBACA CEPAT

Apakah Anda tahu, apa yang dimaksud dengan membaca cepat dan efektif? Ya, membaca cepat dan efektif bukan berarti asal membaca cepat saja, sampai-sampai begitu selesai membaca tak ada yang diingat dan dipahami karena yang dipentingkan hanya kecepatan saja. Dua hal pokok yang harus Anda camkan dalam membaca cepat adalah tingkat kecepatan dan persentase pemahaman bacaan.

Anda dikatakan pembaca cepat yang baik bila mampu mengatur irama kecepatan membaca sesuai dengan tujuan, kebutuhan, dan keadaan bahan yang dibaca, serta dapat menjawab sekurang-kurangnya 70 persen dari bahan bacaan yang dibaca. Untuk tingkat pemula kecepatan membaca Anda berkisar antara 120 dan 150 kata per menit (kpm). Kecepatan ini diupayakan meningkat seiring dengan latihan-latihan yang Anda lakukan.

Kemampuan kecepatan membaca harus diimbangi oleh pemahaman terhadap bacaan tersebut. Jika Anda pembaca yang efektif dan kritis, Anda harus mampu menemukan bagian penting dari bahan bacaan tersebut secara cepat. Anda harus pula membiarkan bagian yang kurang penting bahkan melewatinya bila memang tidak diperlukan.

Pada umumnya, setiap baris dalam bacaan terdiri dari 8 - 12 kata yang terdiri atas satuan frasa dan klausa. Bila Anda membaca dan mengartikannya kata demi kata pada setiap baris bacaan, maka diperlukan waktu baca yang lama. Selain itu, pemahaman Anda terhadap bacaan pun akan terganggu karena tidak memperhatikan makna kata dalam konteks kalimat. Bila demikian yang Anda lakukan, maka Anda belum termasuk pembaca cepat.

Bila Anda pembaca cepat yang efektif maka Anda hanya akan melihat satuan-satuan pikiran pada setiap baris pada bacaan, yaitu yang berupa frasa, klausa, atau kata-kata kunci. Karena bagian yang dilihat dari setiap baris bacaan hanya sedikit maka perpindahan gerak mata akan cepat, dan akhirnya Anda pun dapat membaca lebih cepat.


Sebelum Anda melakukan kegiatan membaca cepat, hal utama dan pertama yang Anda lakukan adalah mengenali kebiasaan membaca Anda. Selamat berlatih membaca cepat dan efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana menurut Anda tampilan dan isi blog ini...?